Program Studi Teknik Pertanian

Agricultural Engineering Department, Syiah Kuala University Banda Aceh, Indonesia

jim

Upaya peningkatan kinerja pembelajaran melalui praktikum berbasis revolusi industri 4.0

Kamis, 06 Februari 2020, Ketua Prodi Teknik Pertanian mengadakan Rapat Kerja bersama para Ketua Laboratorium dan Laboran mengenai kelancaran dan kendala dalam penggunaan aplikasi online (Edmodo) yang telah digunakan oleh para laboran dalam melakukan pembelajaran praktikum selama 3 tahun terakhir. Program Studi Teknik Pertanian memiliki 5 laboratorium, namun hanya memiliki 3 orang Laboran dan ada kalanya 1 orang Laboran mewakili dua Laboratorium. Ketua Program Studi langsung mengintruksikan bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin agar proses pembelajaran praktikum pada semester ini berjalan lancar.

          Pembatasan akses penggunaan E-Learning terhadap Laboran, membuat Ketua Program Studi langsung mengambil kebijakan untuk penggunaan aplikasi alternatif tersebut. Sampai saat ini para laboran sudah saling berkoordinasi untuk penggunaan Edmodo tersebut, begitu juga terhadap para asisten praktikum dan praktikan telah diberikan training dalam penggunaan aplikasi tersebut agar penggunaannya dalam proses pembelajaran praktikum berjalan lancar. Penerapan penggunaan aplikasi edmodo di Program Studi Teknik Pertanian sangat membantu dan mendukung dalam penggunaan Revolusi Industri 4.0 yang saat ini sedang digadang-gadang disegala bidang, salah satunya dibidang pendidikan dan juga sangat membantu mahasiswa dalam mengikuti TEST CAT CPNS saat mereka telah menjadi Alumni nantinya karena model dan sistemnya yang serupa.

Namun berdasarkan hasil kuisioner yang telah dibagikan dan hasil kotak saran masih banyak kendala atau hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa dalam penerapan aplikasi ini yaitu tidak tersedianya jaringan internet di Laboratorium Program Studi (Perbengkelan Alat dan Mesin Pertanian, Teknik Tanah & Air, Instrumentasi & Energi dan Pasca Panen). Selama ini Laboran dan mahasiswa menggunakan paket data selular pribadi dalam pengoperasian aplikasi ini. Hal ini dapat menurunkan etos kinerja dan terasa berat bagi mahasiswa karena terkadang mereka tidak memiliki kuota internet dan ada juga jaringan internet yang tidak terjangkau di Laboratorium dimana mereka melaksanakan praktikum tersebut, sehingga terhambatnya proses pembelajaran praktikum. Para Laboran dan mahasiswa mengharapkan dari kendala atau hambatan yang telah dialami kiranya dapat menjadi pertimbangan bagi Fakultas Pertanian dalam mengambil kebijakan untuk dapat menyediakan Sarana dan Prasarana yang diperlukan tersebut sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran praktikum kedepan.

 

Dokumentasi

  • Super Journal 1