Program Studi Teknik Pertanian

Agricultural Engineering Department, Syiah Kuala University Banda Aceh, Indonesia

jim

Konferensi Internasional ICATES 2019

International Conference on Agricultural Technology, Engineering, and Environmental Sciences (ICATES) 2019 telah dilaksanakan pada tanggal 21- 23 Agustus 2019, di hotel Oasis Atjeh Banda Aceh oleh Prodi Teknik Pertanian, Unsyiah dan Fakultas Civil Engineering and Earth Resources, University Malaysia Pahang. Kegiatan konferensi ini dibagi menjadi dua, yaitu kegiatan konferensi pada tanggal 21 Agustus 2019, dan field trip ke Sabang pada tanggal 22-23 Agustus 2019. Kegiatan konferensi ini dibuka oleh Rektor Universitas Syiah Kuala yang diwakili oleh Dr. Hizir. ICATES 2019 menghadirkan 1 keynote speaker oleh Plt. Gubernur Aceh (Bapak Ir. H. Nova Iriansyah, M.T), dan 6 invited speaker dari dalam dan luar negeri yang terdiri dari: Prof. Dr. Elke Pawelzik (University of Göttingen, Germany), Dr. Jundika Candra Kurnia (Thermal Drying, Universiti Teknologi Petronas, Malaysia), Simon Badcock (Sustainable Land/Senior Terrestrial Program Advisor Conservation International, Australia), Assoc. Prof. Dr. Ramadhansyah Putra Jaya, B.Eng., M.Sc.Eng., P.E., M.ASCE., M.ICE. (Faculty of Civil Engineering & Earth Resources, Universiti Malaysia Pahang), Dr. Ir. Desrial, M.Eng (Indonesian Society of Agricultural Engineering, Perteta Indonesia), dan Prof. Dr. Ir. Sigit Supadmo Arif, M.Eng (Land and Water Resource Engineering, Universitas Gajah Mada, Indonesia). Sesi paralel dibagi menjadi 3 grup besar, yaitu: agricultural technology, engineering, dan environmental sciences. Sesi paralel dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sesi 1 (siang), dan sesi 2 (sore). Sedangkan kegiatan field trip mengunjungi tempat-tempat wisata, seperti: I love Sabang, Pantai Sumur Tiga, Kota Sabang, lunch, Gapang beach, Gua Sarang (Iboih), Km 0. Peserta menginap 1 malam dihotel Sabang dan keesokan harinya kembali ke Banda Aceh.


Plt. Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT sebagai Keynote Speaker 

Peserta yang teregistrasi mengikuti acara seminar ini berjumlah 175 orang, sedangkan jumlah paper yang masuk berjumlah 102 makalah, yang berasal dari China, Jerman, Indonesia, Irak, Malaysia, Nigeria, Philipina, Rusia, dan Thailand. Makalah akan diseleksi dan di review secara double-blind reviewed oleh tim reviewer. Makalah tersebut akan dipublikasikan pada prosiding IOP conference series: Earth and Environmental Science terindeks oleh Scopus pada terbitan yang ke kuartal ke-4 tahun 2019.

Output konferensi ICATES 2019 berupa publikasi konferensi terindeks Scopus (IOP Conference). Selain itu, telah dilakukan penandatanganan MoU antara Prodi Teknik Pertanian Unsyiah diwakili oleh Dr. Ichwana dengan prodi Teknik Pertanian dan Biosistem UGM (Prof. Dr. Lilik Sutiarso). Proses MoA antara Prodi Teknik Pertanian Unsyiah dengan Fakultas Civil Engineering and Earth Resources, University Malaysia Pahang (masih dalam proses). Kemudian, menguatkan kerjasama dengan dengan dinas terkait seperti: Dinas Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Pemerintah Provinsi Aceh. Kemudian peranan prodi Teknik Pertanian Unsyiah dalam kemajuan teknologi pertanian semakin dikenal luas baik dalam negeri maupun diluar negeri. Berikut video dokumentasi kegiatan ICATES: https://www.youtube.com/watch?v=OH0GBkOHt0E

Dokumentasi

  • Super Journal 1

ICATES 2019

icates2019